Selasa, 30 Desember 2008

कोंतार्सेपसी मेतोदे barier

Macam-macam kontrasepsi yang di gunakan beserta cara dan guna efeksamping.
metode barier adalah metode kontrasepsi dengan cara menghalangi pertemuan antara sperma dengan sel telur yang sifatnya sementara, yakni menghalangi masuknya sperma sejak vagina sampai kanalis servikalis. tubektomi dan vaektomi karena sifatnya yang permanen, tidak dimasukkan dalam golongan metode barier.
yang termasuk dalam metode barier adalah :
1. sanggama terputus (coitus interruptus)
2. kondom
A. SANGGAMA TERPUTUS
DEFINISI:
senggama terputus adalah berhentinya senggama tepat sebelum laki-laki mengalami organisme dan ejakulasi dilakukan di luar tubuh wanita
keuntungan :
cara sangat sederhana tidak memerlukan obat dan alat, tidak tergantung pada perugas kesehatan,tidak ada efeksamping dari medis,tidak ada kontra indikasi,dapat di kerjakan kapan saja tanpa persiapan an tanpa biaya.
kerugian:
mengganggu hubungan seksual, mengurangi kenikmatan dan kepuasan dan harus hati-hati yang sangat tinggi. keterlambatan dalam mencabut penis merupakan sebab terbesar kegagalan metode ini.
indikasinya:
cocok untuk pasangan muda yang ingin menunda kehamilan, wanita yang tidak bisa memakai cara lain yang lebih efektif karena adanya kontraindikasi , suami yang enggan memakai kondom.

B. KONDOM

kondom adalah sarung karet tipis yang dimasukkan untuk menutupi seluruh penis pada saat melakukan hubungan seksual.
Keefektifitas:
Keuntungan:
kerugian :
cara pemasangan dapat di lihat dari gambar di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar